Tentang Liwa

Liwa Kota BerbungaLiwa Kota Berbunga

Kota Berbunga…

ya, itulah slogan yang menggambarkan keadaan dari Kota yang selalu diguyur hujan ini…Liwa Kota Berbunga

Liwa adalah ibu kota dari Kabupaten Lampung Barat, salah satu Kabupaten yang ada di Propinsi Lampung.

Jarak antara kota Bandar Lampung ke Pusat kota Liwa (Pasar Liwa) bila menggunakan transportasi BUS, mencapai + 6 jam perjalanan.

Tugu Selamat Datang.jpgLampung Barat adalah Kabupaten pecahan dari Kabupaten Lampung Utara yang diresmikan oleh RUDINI yang saat itu menjabat sebagai Mendagri pada tahun 1991 dan beribukotakan Liwa.

HamtebiuSaat ini, dibawah kepemimpinan Buapti Drs. Muchlis Basri dan Wakil Bupati Drs. Dimyati Amin, Liwa terus berbenah, menuju Liwa Masa Depan yang Bersih Berbudaya Penuh Kenangan.

Liwa Kota BerbungaMasyarakat Lampung Barat Pada Umumnya memiliki pekerjaan sebagai petani. untuk pertanian ini, umumnya pada pertanian Kopi dibudi dayakan oleh penduduk asli diwilayah ini. sedangkan untuk penduduk pendatang, mereka lebih memilih pembudidayaan tanaman holtikultura, karena tanaman jenis ini umumnya berumur tidak terlalu lama untuk memanen hasilnya. untuk bidang perdagangan, di Pasar Trasional banyak sekali penjual yang sukunya bukan dari suku asli, namun masyarakat pendatang yang bersukukan Jawa, sedangkan di Pertokoan banyak digeluti oleh masyarakat pendatang juga, yakni masyarakat yang bersukukan Padang.

Gerbang TMPDilihat dari sisi lain, lampung barat juga memiliki kekayaan bahari, yaitu di sekitar pesisir Lampung Barat. Penduduk yang berada di Pesisir ini banyak yang berprofesi sebagai nelayan.

Liwa merupakan kota yang sangat dingin dimalam hari. Hal ini karena Liwa berada di dataran tinggi dan dikelilingi perbukitan (Bukit Barisan).namun walaupun dingin, Liwa adalah kota yang menhangatkan hati dengan pemandangan yang menakjubkan…

Tugu LiwaLampung Barat memiliki Objek-objek wisata yang tidak kalah dengan kota-kota wisata lainnya. Tempat Wisata itu antara lain “Seminung Lombok Resort dengan Panorama Danau Ranau, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Pantai Labuhan Jukung Krui, Pantai Karang Nyimbor (Area Surfing), Pantai Tembakak (Panorama Batu Hitam), Danau dan Kawah bekas letusan gunung berapi di Suoh, serta banyak lagi yang lainnya”.

Budaya di daerah Lampung Barat ini masih sangat kental sekali dengan tradisi yang diturunkan dari nenek moyang, yakni Fiil. Namun Penduduk Lampung Barat (Liwa) adalah masyarakat yang sudah modern, dan tidak kalah dengan perkembangan zaman.

Muli Mekhanai Lampung Barat, mari bersama kita bawa Kota kita ini kedunia luas. dan mari bersama kita menujudkan Kota Liwa yang Bersih Berbudaya Penuh Kenangan ini.

Responses

  1. Menurut saya, liwa lebih mirip dengan Lembang jawa barat. hanya saja sekarang lebih dingin.Liwa memang indah dipandang.

  2. Mari kita beguai jejama dimulai dari blog

  3. Blognya bagus, kreatif. tingkatin lagi ya infonya

  4. wah ft-ft liwa.
    aku jd kngn sama liwa.

    mksh udh ngbantu aq ngliyat liwa.

    kapan ya bs pulang. kngen bngt

  5. liwa sangun pantas kham banggako.

    slam knal guai sunyinni.

  6. Liwa msh dgin yaw?
    Qu pnah ke liwa tp dah lm bgt.sktr thn 2003

  7. wah wah wah.
    liwa mkn cntik sj ya.
    salam knl untuk smua.
    kapan-kapan mampir ke sumber jaya ya
    bisa maen ke sasteng. kl hr lbur rame tu dsn.

  8. woy kangen gw sm tugu liwa hehehe

  9. m4n6 n4 l!wa k0t4 wis4t4 y4w…???

  10. Liwa,,,,
    how i miss u so much???????

    buat smua yg ada di liwa,, kita harus bisa menerima perubahan agar kita bisa menjadi yg lebih baik !!!!!!!!!!!!!

  11. Rellay gak difoto???
    kan bagus…. palagi gunung2nya…

  12. LIWA!!!!!!!!!!!
    AKU RINDU KELUARGAKU DI LIWA.
    GUSTI, BAGAIMANA CARA DOWNLOAD FOTO-FOTO LIWA INI.
    ADA TIDAK SITUS YANG BISA DOWNLOAD LAGU-LAGU DAERAH???
    KALAU BISA TOLONG DI KIRIM ALAMATNYA YA.

  13. KOTA KELAHIRANKU YANG KU TINGGALKAN 8 TAHUN YANG LALU INI OOOOOOOOOO…. TERNYATA MAKIN HANCUR2AN. JALAN2 DIMANA2 RUSAK PADAHAL 8 TAHUN LALU KUTINGGALKAN CUKUP BAGUS. KEMANA ARAH PEMBANGUNANNYA Y?……..
    O IYA TLG DOONG KIRIMI SAYA/ DIMANA SAYA BISA DOWLOAD.
    LAGU MARS LAMPUNG BARAT YANG DULUNYA PERNAH DI PERLOMBAKAN ITU KALAU TIDAK SALAH LAGUNYA ” LAMPUNG BARAT SAIBETIK BEGUAI JEJAMA HENO MOTONI……………… TOLOOOOOOOOOOOOOOONGLAH YA. TKS

  14. Wadaw…nyesel kemaren ke liwa cuma 2 hari…lumz puas liat-liat….woooiii my friends..msih pada inget ga ma q???I’ll comeback for u LIWA….^_^

  15. we helauna liwa tikham jama liwa…!

  16. Katanya liwa akan dibut kebun raya ya?

    kapan tu?

  17. eh, liwa udah bnyk bgt kemajuan ya.dibangun lapter,islamic centre dan mudah-mudahan akan dibangun kebun raya yang bisa jadi icon nasional.

    selamat buat lampung barat ya udah 18 tahun terus berbenah.

  18. LIWA KOK KALAH DENGAN PRINGSEWU ?

    Kota Liwa memang cantik dan indah, tetapi kok sepi banget ya. Kecil lagi kotanya.

    Kalau dibandingkan dengan Kota PRINGSEWU kok jauh banget perbandingannya.

    Meskipun PRINGSEWU kabupaten baru, tetapi kotanya besar dan ramai sekali, dan lalu juga lintasnya sering macet.

    Aku aja kalau belanja lebih suka ke PRINGSEWU, karena lebih dekat daripada ke LIWA.

    Di PRINGSEWU lagi dibangun MALL CHANDRA, lha kapan ada MALL di LIWA?
    Pokoknya LIWA KALAH JAUH DARI PRINGSEWU.

    (ALAMSYAH)
    Jalan Lintas Barat
    BENGKUNAT – KRUI
    Pesisir Barat

  19. kota Liwa memang sangat indah, menyatu dengan alamnya, terkenang aku empat tahun pernah disana

  20. ni khusus bwt alamsyah bengkutan…

    gak mikir lo ya jelek-jelekin liwa… sekarang posisi lo aja di bengkunat sana… udah tengah utan gak ada listrik pula… kampungan ama jadi manusia…

    saya sebgai masyarakat asli liwa lampung barat merasa sangat tersinggung oleh perkataan kamu. kalo memang kamu tidak senang di Lampung Barat ini, silahkan tinggal aja di tengah laut…

    jangan menilai orang jika kita lebih buruk darinya…

    Ngerti kamu alamsyah….

    kalo bupati baca pesan kamu, kamu bisa diusir dari lampung barat ini.

  21. satu lagi alamsyah… bengkunat itu salah satu bagian terunjung dari Lampung Barat, belum tentu juga ada pemekaran kabupaten… memangnya kamu yakin apa kalo pesisir barat itu bakal lebih maju… khususnya di bengkunat itu.

    jadi orang jangan bicara seenaknya ya..

  22. the best of liwa

  23. tempat q dilahirkan

  24. GUE TEMENNYA ALAMSYAH,
    EMANG BENER KOTA L . GAK ADA APA-APANYA DENGAN PRINGSEWU.

    GUE DAN TEMEN2 GUE SEKAMPUNG HALAMAN PADA KULIAH DI PRINGSEWU, SOALNYA DI KOTA L. GAK ADA UNIVERSITAS.

    GUE BANGGA JADI ANAK PESISIR.
    GUE LEBIH DEMEN KALAU PESISIR GABUNG KE PRINGSEWU ATAU TANGGAMUS,

    ALAM, … GUE DUKUNG LO..COY.
    BRAVO PESISIR …. !!!

    BEBY, TANJUNG SETIA, PESISIR SELATAN
    LAMPUNG

  25. beby…. beby… ada ya orang yang ga bangga sama daerahnya????
    emang kamu siapa? pengen liwa gabung ke daerah laen??? itu urusannya pemerintah mba…
    udah ada ketetapannya kalo liwa itu kabupaten lambar, bukan kabupaten peringsewu ato daerah laen.. ga bisa dooong se enak jidat mindah2in ibokota kabupaten….
    kalo saya siiih sangat sangat sangat sangat bangga dengan lampung barat..
    saya malah berniat mengbdikan diri buat tanoh ini…
    satu lagi buat alamsyah… coba dong lebih kritis lagi… banyaknya mall2 itu punya dampak yg kurang bagus juga looh buat perkembangan ekonomi kerakyatan…
    kalo pengen lambar maju… coba mula dengan mencintai daerah kita ini.. kalo ga cinta… ya mending angkat kaki ajaaa sono….

  26. btullllllllllllllllllllll……..

    walaupun gw bukan masyarakat asli lambar,, tapi saya bangga karena saya mengabdikan diri di pemkab lambar… setiap harinya pemerintah terus beusaha utuk semakin memamjukan kabupaten ini… koq masyarakat asli yang menghuni kabupaten ini malah gak dukung…

    gak banget deh buat gw…

    buat orang-orang yang cinta lampung barat,,, ayo kita terus majukan kabupaten ini….

  27. aku cinta lampung barat,,,,,,,,maju terus dang korupsi om yu.,.

  28. liwa, pengen ke sana euy, tapi 6 jam naik kendaraan ya sama kaya ke mesuji.
    Coba ada pesawat terbang pasti mantap atau kereta api.
    btw di sana tanah murah nga?
    kali aja bisa bikin industri

  29. gw lahir dilambar tp gw dah lama tinggl dibandung, skrng klo gw kangen gw cm ngliat lambar lewt internet…
    bwt alamsyah dkk, klian tu orng lambar, tp banggain kampung orng … wjar pringsewu lbh rame krna dy lbh dkt bandar lampung (cara berpikir kmu cupu men) …
    kuliah dipringsewu bangga, saya kuliah dibandung ja bysa ja …

  30. wlaupun sdah 11 tahun gw ninggalin lambar dan skrang tnggal di surabaya tp rasa cinta gw tak berkurang,bt orang2 yg tggal di lambar tp lbih bangga ma kota lain….gw cma bsa bilang lo sakit men,lo pkir dg brgabung dg kbupaten lain lo bkal maju,lok qt pngin lambar maju qt hrus bahu membahu membangun lambar spt yg dilakukan pemerintah skrang bsa mndatangkn investor PT.Chevron utk mnglola potensi geothermal energy di suoh-skincau,lok lo pngin maju dkung tuh usaha pemerintah bkan cma ngemeng tok….cetek lo punya otak

  31. klo gw sich tetep bangga jd masyarakat Lambar alam nya indah masyarakatnya ramah hasil buminya melimpah. . . hidup lampung barat. . I Love U Bertubi2 pokonya.

  32. eh….loe alamsyah jgn blg lo gue j yg tgl d suoh jauh dri pst ib kta g blg.lo skt ap lam stng ente?by diyar d suoh

  33. aduhhhh aku kngenz ma lampungzzz pengenz balikkkk ke liwaaaa tapi krna tugas gak bisa balikkkk
    alamsah klau w liyat muka lo gua cakar mata lo . . .lo gak mikir ea kul nya di perkampungan gak bakal maju looo kul di situ mah karna gak keterima di kota kota besar jadinya ke ladang manehhhh . . . .

  34. sudah2 jangan pada ribut gara2 wilayah….saya orang Pringsewu tapi suka kok dengan Liwa, abiz cuacanya dingin euy….kayak di Pangalengan Bandung….

    Oh iya, itu mantan Wakil Bupati Lampung Barat Pak Dimyati Amin itu orang asli Pringsewu lho….beliau dari Kec.Pardasuka, Pringsewu.

    Ya sudah, mendingan kita sama2 bangun daerah kita masing2 biar lebih maju lagi, tidak usah banding2kan dengan daerah lain, karena masing2 wilayah punya karakteristik masing2 yg justru bisa menjadi modal untuk membangun daerah.

    Mirza – Way Kunyir, Pringsewu
    Lampung 35375

  35. kapan bisa pulang melihat pemandangan yg indah dan pantai2 cantik di liwa dan keruy

  36. di batam tak ada pantai secantik kerui dehhhhh

  37. salam tikham liwa…

  38. Eh, alamsyah kampang, gw tersinggung banget dengan lo.
    PRINGSEWU vs. LIWA (LAMPUNG BARAT)

    KEUNTUNGAN PRINGSEWU:
    Rame, banyak univ., jual beli mudah, dekat Bandar Lampung, jarang gempa, pemandangan perkotaan, harga barang elektronik murah
    KEUNTUNGAN LIWA (LAMPUNG BARAT):
    Banyak pepohonan, sejuk, pemandangan alam++, (khusus liwa) tidak bisa kena tsunami karena di balik bukit & dataran tinggi, sering saya lihat mobil bawa sayuran kepenuhan sampe2 sering jatuh sayurnya, harga sayuran murah meriah, musim kemarau aja masih sering hujan, mudah cari air walaupun kemarau, dimana-mana pasti keliatan ada pohon, SD SMP SMA GRATIS

    KERUGIAN PRINGSEWU:
    Panas, cuaca gak ada toleransi, kalau kemarau susah cari air, banyak gedung,
    KERUGIAN LIWA (LAMPUNG BARAT):
    Kalau musim hujan, sehari bisa hujan 5x, susah mau jual beli modern, barang elektronik susah didapat, jauh dari Bandar Lampung (sekitar 7 jam perjalanan), 60% wilayahnya adalah hutan lindung, kualitas pendidikan rendah.

    Btw kalau ada yang mau foto kota liwa bisa SMS ke 082307014547, sertakan lokasi mananya, pengiriman foto bisa lewat Facebook atau File Sharing, saya masih di Liwa sekarang.

  39. nyak liyak anjak internet kota liwA indah dan sejuk.klu wat kesempatan haga medokh hagu disan puakhi.salam pubian .tanjung heran .lamsel.kota agung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: